Manusia dan Penderitaan.


Penyebab penderitaan juga macam-macam. Ia datang kepada kita dalam bentuk sakit, gagal dalam usaha, diperlakukan secara tidak adil, mengalami duka cita karena kematian orang yang kita kasihi, musibah seperti bencana alam. Singkatnya ada banyak penyebab penderitaan. Apa pun penyebabnya, penderitaan selalu ada. Ia seperti bayang-bayang yang selalu menyertai hidup. Hanya orang yang sudah meninggal saja yang tidak mengenal dan mengalami penderitaan. Atau mungkin juga orang mati menderita. Kita belum tahu itu, karena kita belum mengalami sendiri.

manusia sebagai makhluk sosial terkadang memiliki rasa ingin lebih dari orang lain dan selalu merasa tidak puas.
dan dampak dari keserakahan itu dapat merugikan orang lain.

seperti yang dilakukan oleh para koruptor dan permainan politik yang berdampak pada penderitaan rakyat. seperti kenaikan harga pangan bahan pokok. dan BBM. itu sangat berdampak pada kehidupan masyarakat papan bawah

Namun di balik penderitaan ada manfaatnya. Ia mendekatkan kita kepada Allah, kata seorang pemikir yang lain bernama Harlod A Bisley. “Penderitaan adalah kesempatan yang baik untuk berdoa. bahkan doa orang yang teraniyaya itu terijabah oleh Allah SWT.
Penderitaan memang menyakitkan dan menimbulkan luka. Tetapi manusia tidak pernah sendiri menghadapinya. Selalu saja ada teman dan sahabat yang ikut berbela rasa dengan kita memikul duka cita itu.

sumber:
http://bacaebookgratis.wordpress.com

0 comments:

Total Pageviews



Ridho-Blogger.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts