GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI



GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI 

1. Gambaran Umum Sistem Informasi
Macam-macam Sistem Informasi, antara lain :

- Sistem Reservasi pesawat terbang, digunakan dalam biro perjalanan untuk melayani pemesanan / pembelian tiket

- Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor sehingga dapat digunakan untuk memantau hutang para pelanggan

- Sistem POS (Point Of Sale) yang diterapkan pada kebanyakan pasar swalayan dengan dukungan pembaca barcode untuk mempercepat pemasukan data

- Sistem berbasiskan kartu cerdas (smart card) yang dapat digunakan oleh juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke Rumah Sakit karena didalam kartu tersebut terekam data-data mengenai pasien

- Sistem layanan akademis berbasis web yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data-data akademis


2. Beberapa Kemampuan Sistem Informasi

- Menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah, akurat dan cepat

- Menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang yang kecil tetapi mudah diakses

- Memungkinkan pengaksesan informasi yang sangat banyak di seluruh dunia dengan cepat dan murah

- Meningkatkan efektivitas dan efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok dalam suatu tempat atau pada beberapa lokasi

- Pembiayaan yang jauh lebih murah daripada pengerjaan secara manual


3. Kemampuan-kemampuan ini mendukung sasaran bisnis yang mencakup :

- Peningkatan produktivitas

- Pengurangan biaya

- Peningkatan pengambilan keputusan

- Peningkatan layanan ke pelanggan

- Pengembangan aplikasi-aplikasi strategis yang baru

Jadi Sistem Informasi adalah Kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi

Sistem Informasi Tidak Sama Dengan Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen merupakan salah satu jenis Sistem Informasi, yang secara khusus ditujukan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen dan untuk pengambil keputusan.

4. Teknologi Informasi

Teknologi Informasi Tidak Sama Dengan Sistem Informasi

Teknologi Informasi hanyalah bagian Sistem Informasi


Teknologi Informasi dibagi menjadi 6 kelompok :

1. Teknologi Masukan

2. Teknologi Keluaran

3. Teknologi Perangkat Lunak

4. Teknologi Penyimpan

5. Teknologi Telekomunikasi

6. Mesin Pemroses


5. Peranan Teknologi Informasi

- Menggantikan Peran Manusia

- Memperkuat Peran Manusia

- Melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses

GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 

1. Definis SIM

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah Sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (integrated) untk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam organisasi

· Tujuann SIM adalah supaya organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen, baik menyangkut keputusan-keputusan rutin maupun keputusan-keputusan yang strategis

Supaya informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna bagi manajemen, maka analis sistem harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkannya yaitu dengan mengetahui kegiatan-kegiatan untuk masing-masing tingkat (level) manajemen dan tipe keputusan yang diambilnya.

· Beberapa Manfaat SIM

- Mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka

- Mengembangkan proses perencanaan yang efekttif

- Meningkatkan aksesibiltas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai

- Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan koran dan transaksi yang terjadi

2. Komponen Pembangun SIM

a. Hardware

Perangkat yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan Input – Proses – Output

b. Software

Aplikasi atau program yang digunakan pada hadware, untuk keperluan dalam sistem informasi manajemen pada sebuah perusahaan

c. Prosedur / Pedoman

Merupakan aturan dalam menjalankan suatu organisasi. Prosedur ini memiliki komponen fisik karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik, seperti : Buku Panduan, Buku Manual

d. Database

Aplikasi khusus yang digunakan untuk mengorganisasikan data dan informasi pada suatu proses operasi suatu organisasi.

Disebut juga Bank Data, karena memuat seluruh data perusahaan yang perannya sangat penting bagi kelancaran organisasi.

e. Model

Gambaran dari kenyataan yag bertujuan untuk mengetahui kondisi pasar. Semua model didasarkan asumsi yang bersifat konsisten

3. Manajemen Informasi Sebagai Sumber Daya Yang Dibutuhkan Perusahaan
· Kegiatan Bisnis Yang Semakin Kompleks

Semua perusahaan terkena pengaruh ekonomi internasional dan bersaing dalam pasar internasional, teknologi bisnis menjadi semakin kompleks, batas waktu untuk bertindak semakin singkat dan terdapat kendala-kendalam sosial.

- Pengaruh Ekonomi Internasional

Dapat terlihat pada nilai relatif mata uang dari setiap negara.

- Persaingan Dunia

Dampak dari persaingan ini terlihat pada impor dari luar negeri

- Kompleksitas Teknologi Yang Meningkat

Perusahaan melakukan investasi pada teknologi supaya dapat melaksanakan operasi yang diperlukan (Robot-robot pabrik, Barcode Scanners)

- Batas Waktu Yang Singkat

Semua tahap operasi bisnis sekarang dilaksanakan secara lebih cepat. Contoh : E-Commerce

- Kendala-Kendala Sosial

Perluasan Pabrik, Produk baru, tempat penjualan baru dan tindakan-tindakan serupa, semuanya harus dipertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan

· Meningkatnya Kemampuan Komputer Sebagai Alat Bantu Dalam Perusahaan

Para pemakai sekarang tidak memandang komputer sebagaI sesuatu yang istimewa tetapi sebagai bagian peralatan kantor yang dibutuhkan, seperti halnya : meja, telepon atau mesin photocopy

Ciri –Ciri Kemampuan Komputer :

- Pengolahan cepat

- Tingkat akurasi tinggi

- Kapasitas penyimpanan besar

- Efektif untuk ugas yang berulang-ulang

- Dapat berfungsi hampir secara terus menerus

- Teliti dalam mendeteksi situasi menyimpang

- Dapat diperbaiki dan ditingkatkan

Sistem Informasi Manajemen dibeberapa perusahaan besar setidak-tidaknya memiliki 5 komponen penting meningkatkan kemampuan komputer sebagai alat bantu dalam perusahaan, yaitu :

A. Sistem Pemrosesan Data

Melakukan proses update atas berbagai database yang terdapat dalam perusahaan dan menyajikannya dalam bentuk informasi terkini sebagaimana yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan

B. Sistem Pelaporan Manajemen

Mengumpulkan data kemudian diproses untuk menghasilkan informasi atau laporan yang diperlukan oleh manajer dalam menentukan perencanaan dan mengambil keputusan.

Beberapa jenis pelaporan manajemen adalah sebagai berikut :

· Laporan Detail (Detail Report)

Laporan yang memuat informasi detail dari setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan waktunya serta informasi detail lainnya

· Laporan Ringkas (Summary Report)

Laporan ini memuat beberapa informasi penting yang diperlukan, yaitu manajemen pada level yang lebih tinggi

· Laporan Pengecualian (Exception Report)

Laporan yang menyampaikan beberapa penyimpangan atas standar tertentu yang telah ditetapkan oleh perusahaan

· Laporan Atas Permintaan (On Demand Report)

Laporan ini dilaporkan atas dasar permintaan saja.

C. Sistem Pendukung Dalam Pengambilan Keputusan

Sistem ini secara terprogram mampu menjawab beberapa kasus dalam perusahaan yang menyangkut jawaban atas pertanyaan.

Tujuan dari Decision Support System antara lain :

- Membantu manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah

- Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya

- Meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan seorang manajer dari pada efisiensinya

SIM digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi untuk pengolahan transaksi, penjelasan status. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari, lapisan ketiga terdiri dari sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen, dan lapisan puncak terdiri dari sumberdaya informasi untuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan tingkat puncak manajemen.

sumber:

0 comments:

Total Pageviews



Ridho-Blogger.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts